Selasa, 14 Desember 2010

Inilah Cara Kerja Senjata Api Ringan


Senjata Api ringan ( dalam hal ini revolver) merupakan alat bantu mekanis yang berfungsi menembakkan satu atau sejumlah proyektil menuju target yang diinginkan, bekerja berdasarkan prinsip fisika dengan mengaplikasikan teori mekanika pegas. Komponen utama dari senjata api terdiri atas :

1.      Hammer atau striker. Berfungsi sebagai pemukul.
2.      Laras (barrel). Berfungsi sebagai pemandu peluru agar melesat lurus saat ditembakkan.
3.      Pelatuk. Sebagai pengontrol momen penembakan.

Semua komponen tadi pada intinya merupakan suatu rangkaian mekanisme yang berfungsi untuk mendukung mekanisme penembakan proyektil.
Sedangkan proyektil adalah bagian dari suatu sistem yang disebut cartridge, beroperasi dengan bantuan senjata api berdasarkan azas teori Kinematika dan Hidrodinamika gas. Konstruksi cartridge terdiri atas rangkaian :

1. Peluru (bullet)
Terbuat dari logam solid (biasanya Timah) yang berfungsi sebagai proyektil penghantam target.
 
2. Selongsong (case/shell)
Berfungsi sebagai induk dari keseluruhan sistem cartridge.

3. Propelant
Sebagai sumber bahan bakar gas pendorong. Teknologi awal yang diterapkan pada senjata api, umumnya memakai bubuk mesiu hitam (black powder) yang menghasilkan sisa pembakaran 55% gas dan 45% asap.
Namun semenjak ditemukannya komposisi bubuk mesiu yang hampir keseluruhan residunya adalah gas minus asap (smokeless powder) oleh Paul Vieille pada tahun 1884, mesiu hitam sudah tidak digunakan lagi.

Kandungan senyawa dalam propelant yang dikenal dengan sebutan Primex ini adalah :
0-40% nitroglycerin,
0-10% dibutyl phthalate,
0-10% polyester adipate,
0-5% rosin,
0-5% ethyl acetate,
0.3-1.5% diphenylamine,
0-1.5% N-nitrosodiphenylamine,
0-1.5% 2-nitrodiphenylamine,
0-1.5% potassium nitrate,
0-1.5% potassium sulfate,
0-1.5% tin dioxide,
0.02-1% graphite,
0-1% calcium carbonate,
dan sisanya adalah nitrocellulose


4. Percussion cap atau umum disebut Primer
Senyawa logam yang sangat sensitif memantikkan api bila terkena hentakan. Komposisinya adalah Timah azide dan Potasium klorat yang ditanam dalam perunggu.
Saat pelatuk ditekan, hammer akan terangkat ke belakang. Pegas yang ditanam pada gagang pistol, kemudian mendorong hammer ke depan dan
menghantam primer.
 
 


Hantaman dari hammer tadi memantikkan api pada primer, hingga memancing ledakan gas yang mampat akibat terbakarnya mesiu di dalam cartridge. Gas bertekanan tinggi inilah yang kemudian mendesak peluru terlepas dari selongsong dan melesat melewati laras senjata.

 

Meskipun terkesan sederhana, dibutuhkan presisi yang amat tinggi dalam merakit senjata ini. Kesalahan kecil saja dapat mengakibatkan kecelakaan fatal.

Sumber :
www.kaskus.us

10 komentar:

  1. klu bisa sistem kerja senjata yang lain dong ,,,,

    BalasHapus
  2. hihihihihihihihihi

    BalasHapus
  3. matilah kalian islam agama setan bangsat..

    tempat kalian sudah pasti di neraka...

    setan muhammad kok diikutin, dasar dungu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh org kristen gak nyadar ya..tuhan nya aja kena salip,,, sejak kapan ajaran nabi isa di namai kristen,,,gak nyadar apa udah di tipu habis-habisan ama krajaan roma dan pihak greja,,,dasar kristen GOBLOK,,BEGOK,,makan nya aja ANJING sama BABI,,,,udah mukanya mirip BABI,,pake gonggong" lg kyk Anjing....Dasar KRISTEN AJING....Anjing lo org kristen

      Hapus
  4. anonim, yang dungu itu koe iblis, kalo berani tunjukkan muka koe di publik, ngmong ky gtu, pagi kepala koe hilang!!!

    BalasHapus
  5. om buat bakar pelurunya pake apa

    BalasHapus
  6. hay...yg bilang agama islam thu bangsat,,kau ku cari..
    awas kau..tak potong leher kau...aku orang padang,,aku bisa cari di mna kau..lihat aja nanti kau...keparat,,pantekkk

    BalasHapus
  7. hey anomin bangsat kapir kau udah kami serang mati lu ngerasain neraka

    BalasHapus
  8. tuh org kristen gak nyadar ya..tuhan nya aja kena salip,,, sejak kapan ajaran nabi isa di namai kristen,,,gak nyadar apa udah di tipu habis-habisan ama krajaan roma dan pihak greja,,,dasar kristen GOBLOK,,BEGOK,,makan nya aja ANJING sama BABI,,,,udah mukanya mirip BABI,,pake gonggong" lg kyk Anjing....Dasar KRISTEN AJING....Anjing lo org kristen

    BalasHapus