Kamis, 24 November 2011

Jubir Boko Haram Klaim Miliki Hubungan dengan Al-Qaidah


Seorang juru bicara yang mengaku  berasal dari kelompok Islam Boko Haram menyatakan pada hari Kamis kemarin (24/11) bahwa kelompoknya - yang dipersalahkan atas serangan termasuk pemboman bunuh diri markas PBB di Nigeria - memiliki hubungan dengan Al-Qaidah.
"Memang benar kita memiliki hubungan dengan Al-Qaidah," kata orang mengidentifikasi dirinya sebagai Abul Qaqa kepada wartawan dalam konferensi telepon dalam bahasa Hausa yang umum digunakan Muslim di Nigeria Utara. "Mereka membantu kami dan kami membantu mereka."
Abul Qaqa mengklaim bahwa mereka berbicara atas nama Boko Haram pada sejumlah kesempatan sebelumnya. Namun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait hubungannya dengan Al-Qaidaj.
Ia mengatakan "setiap kelompok Muslim yang berjuang untuk mendirikan negara Islam bisa mendapatkan dukungan dari Al-Qaidah jika bisa menjangkau mereka."
Telah lama ada spekulasi, khususnya di kalangan negara-negara Barat, mengenai apakah Boko Haram telah membentuk hubungan dengan kelompok militan luar, termasuk cabang Afrika utara Al-Qaiadah.
Boko Haram sendiri telah disalahkan untuk sejumlah serangan di Nigeria, termasuk pemboman bunuh diri bulan Agustus lalu di markas PBB di Abuja yang menewaskan sedikitnya 24 orang.
Kelompok ini diyakini memiliki sejumlah faksi dengan tujuan yang berbeda-beda.(fq/afp)

1 komentar:

  1. aslm, adakah cara agar bs jihad ke bumi konflik? insy ALLAH sy abis lulus mau ikut ..

    BalasHapus