Senin, 07 November 2011

Kelompok Syiah Mengepung Markaz Salafy di Dammaj - Yaman


 
 Sudut Kawasan Dammaj - Yaman
 Salah Satu Sudut Darul Hadits Dammaj - Yaman

































Gejolak politik yang terjadi di Yaman membuat bentrok sektarian tak terhindarkan terjadi di negeri itu. Dilaporkan, terjadi bentrok antara kelompok Syiah Yaman dan Salafy Yaman di kawasan Dammaj, Yaman yang berlangsung sejak awal Dzulhijjah. 

Dilaporkan, kelompok Syi'ah melakukan upaya blokade dan pengepungan terhadap Markaz Darul Hadits Dammaj, Yaman. Markas Darul Hadits Dammaj adalah markas kelompok yang menamakan diri mereka sebagai kelompok salafiyin. Tidak ada penjelasan detail sejak kapan pengepungan berlangsung. Demikian laporan yang ditulis Rabi bin Hadi 'Umair al Madkhali yang diperoleh dari situs Sahab.
Rabi bin Hadi 'Umair al Madkhali, salah seorang pemimpin kelompok Salafi, juga mengajak para pengikutnya untuk melawan serangan kelompok Syiah, di Dammaj, Yaman melalui surat tertanggal 4 Dzulhijjah 1432 H yang dipublikasikan di Sahab.net.

Menurut sumber lain, Markaz Darul Hadits Dammaj, Yaman sudah dikepung oleh milisi Syiah sejak awal bulan Dzulhijjah, sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Yahya bin Ali al Hajuri.

Pengepungan oleh kelompok Syiah disinyalir sebagai upaya memprovokasi kelompok Salafiyin agar terpancing untuk marah dan menyerang.

Terjadi kontak senjata dan saling tembak pada Kamis, 7 Dzulhijjah 1432 (4 November 2011), antara milisi Syiah dan santri Darul Hadits Dammaj murid-murid Syakh Yahya bin Ali al Hajuri.

Sejak 2 tahun ini, mayoritas pegunungan di sekitar Dammaj memang dikuasai kelompok Syi’ah, kecuali Gunung Shomma’, Gunung Baroqoh, Gunung Thullab.
Menurut sumber kelompok Salafy, enam bulan lalu tentara pemerintah yang awalnya menjaga Gunung Shomma’ berkhianat dengan menyerahkan gunung itu ke Syi’ah.

Sementara beberapa hari lalu pada akhir bulan Dzulqa'dah, Gubenur Sho’dah telah datang ke Dammaj mengajak kedua kelompok yang bertikai untuk berdamai. Namun kedatangan gubenur tidak membawa hasil yang baik.

Sampai hari ini, masih dilaporkan situasi di Dammaj masih tegang menyusul konflik lama antara kelompok Syiah dan Salafy Darul Hadits Dammaj, Yaman.

(muslimdaily/bbs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar