Senin, 07 November 2011

Syaikh Abu Muhammad al Maqdisi Dibebaskan dari Penjara Yordania



Abu Muhammad al Maqdisi, salah seorang ulama yang ditahan di penjara Yordania, Kamis hari ini dikabarkan dibebaskan. Al Maqdisi dikenal sebagai salah satu ideolog gerakan Al Qaidah, ia juga disebut-sebut menjadi mentor dari Abu Mushab az Zarqawi, bekas pimpinan Al Qaidah Irak yang sudah gugur dihantam rudal pesawat Amerika pada tahun 2006 silam.

Dilansir dari aljazeera.net, sumber di kementrian kehakiman Yordania mengatakan, Mahkamah Kemanan Nasional Yordania mengelurakan keputusan untuk mengabulkan permohonan pembebasan bersyarat, sekitar 100 tahanan yang terkait dengan gerakan Salafi Jihadi. Pembebasan sekitar 100 tahanan Salafi Jihadi ini dilakukan pada Kamis pagi waktu setempat yang merupakan hari kerja resmi terakhir, sebelum libur hari raya Idul Adha.

Salah seorang dari tim pengacara gerakan Salafi Jihadi mengatakan kepada aljazeera.net, bahwa hakim ketua dan anggota telah memastikan keputusan mereka dalam menerima permohonan pembebasan bersyarat bagi semua tahanan. Salah satu yang disebutkan bebas bersyarat adalah tokoh yang merupakan penasehat gerakan Salafi Jihadi Abu Muhammad al Maqdisi dan Prof. Dr Iyad al Quny yang ditahan karena dituduh mempunyai hubungan dan dukungan terhadap Taliban di Afghanistan.

Al Maqdisi sendiri, dalam kasus ini menjalani sidang pertamanya pada 17 Januari 2011, dan pada awal November di tahun yang sama, dirinya mendapat remisi pembebasan bersyarat.[muslimdaily.net]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar