Sabtu, 28 Januari 2012

12 Orang Tewas dalam Baku Tembak di Dagestan Kaukasus Utara



12 Orang Tewas dalam Baku Tembak di Dagestan Kaukasus Utara

DAGESTAN, KAUKASUS UTARA (voa-islam.com) - Dua belas orang tewas pada hari Jumat dalam serangan militer Rusia terhadap para pejuang Islam di wilayah Kaukasus Utara, kantor-kantor berita melaporkan.

Sebuah baku tembak di wilayah Dagestan pada hari Jumat menewaskan Empat tentara Kementrian Dalam Negeri Rusia dan melukai tiga lainnya, sementara itu lima pejuang Islam Emirat Kaukasus juga gugur dalam peristiwa tersebut, kantor berita Rusia Itar-Tass melaporkan, mengutip satu sumber dari Komite Investigasi lokal.

Pasukan keamanan juga menewaskan tiga pejuang di Ingushetia yang telah dikepung dalam sebuah rumah pribadi di desa Ekazhevo, kantor berita melaporkan.

Rusia mengklaim salah satu orang yang gugur tersebut, Dzhamaleil Mutaliyev, adalah pemimpin dari pejuang Islam Emirat Kaukasus di Ingushetia dan merupakan orang kepercayaan dari komandan perang Chechnya Shamil Basayev.

Shamil Basayev sendiri telah gugur pada tahun 2006, sekitar dua tahun setelah ia mengirim pejuang untuk menyerbu Sekolah Nomor 1 di Beslan tahun 2004. Dalam operasi "penyelamatan" yang dilakukan oleh militer Rusia, 331 orang, kebanyakan dari mereka anak-anak meninggal.

Meskipun telah lebih dari satu dekade setelah pasukan Rusia menggulingkan pemerintah Mujahidin di Chechnya, para pejuang Islam masih terus melancarkan serangan terhadap pasukan keamanan dan polisi pemerintahan boneka Rusia di seluruh wilayah Kaukasus berpenduduk mayoritas Muslim tersebut.  (by/wb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar