Senin, 02 Januari 2012

Abu Sayyaf Serang Pasukan Filipina Saat Mabuk-mabukan Merayakan Natal

Abu Sayyaf Serang Pasukan Filipina Saat Mabuk-mabukan Merayakan Natal

SULU, BASILAN - Kelompok Pejuang Abu Sayyaf (ASG) dipimpin oleh Raddulan Sahiron alias Komandan Putol menyerang detasemen Pasukan Militer Filipina (AFP) yang berlokasi di Barangay Kan Agi, Patikul, Sulu hari Ahad, 25 Desember sekitar pukul 04:30 pagi.

Tidak diketahui berapa jumlah korban dari pasukan Filipina, namun mereka menderita kerugian berat karena diserang secara tiba-tiba saat mereka tengah mabuk-mabukan untuk merayakan malam Natal.

Situasi ini mendorong tentara Filipina untuk membalas dengan melakukan beberapa tembakkan sembarangan dari meriam 105 mm ke arah sarang ASG. Akibatnya, beberapa warga sipil tewas termasuk seorang gadis cilik berusia tiga tahun ketika rumah orangtuanya terkena mortir.

Sampai Ahad siang, para prajurit Filipina terus melanjutkan penembakan, yang mengakibatkan evakuasi warga sipil.

AFP telah memerangi ASG selama lebih dari sepuluh tahun, tetapi sampai saat ini upaya militer Filipina secara menyedihkan telah gagal untuk mengalahkan pejuang Abu Sayyaf, apalagi untuk memusnahkan jumlah mereka.

Sulu dan Basilan merupakan basis dari kelompok pejuang Abu Sayyaf (ASG), hingga kini jumlah pejuang ASG diperkirakan masih 400 orang. (st/lwrn/voa-islam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar