Jumat, 29 Juni 2012

Boko Haram Serang Penjara di Yobe Nigeria Bebaskan 40 Narapidana


Boko Haram Serang Penjara di Yobe Nigeria Bebaskan 40 Narapidana

LAGOS, NIGERIA (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Islam Nigeria, Boko Haram menyerbu sebuah penjara di jantung timur laut pada hari Ahad (24/6/2012), membebaskan 40 narapidana, kata polisi, di terbaru dari serangkaian serangan yang dipersalahkan pada kelompok itu.

"Ada serangan terhadap penjara Yobe pagi ini, Boko Haram menyerang penjara melalui istana Amir, 40 narapidana melarikan diri," kata Patrick Egbuniwe, komisaris polisi Negara bagian Yobe.

"Mereka menyerang dengan senapan serbu, polisi dan satuan tugas gabungan menghadapi mereka dan para anggota Boko Haram yang tertembak dibawa pergi oleh mereka."

Dia mengatakan dua dari penyerang ditembak mati dan beberapa polisi terluka. Sebelumnya, pertempuran senjata antara anggota Boko Haram dan pasukan keamanan di ibukota Yobe Damaturu telah menewaskan 40 orang pada Selasa pekan lalu.

Boko Haram telah disalahkan untuk pembobolan bebarapa penjara di masa lalu dan salah satu tuntutan kelompok tersebut yang telah diutarakan adalah anggota mereka yang dipenjara harus dibebaskan.

Serangan senjata dan bom berbulan-bulan yang dituduhkan dilakukan Boko Haram telah menewaskan ratusan orang sejak gerakan pemberontakan tersebut dimulai lebih dari dua tahun yang lalu.

Kelompok ini berjuang untuk menciptakan sebuah negara Islam di Nigeria - negara hampir terbagi rata antara Muslim dan Kristen. Serangan terhadap gereja-gereja telah diintensifkan bulan ini, yang memicu kekerasan agama mematikan di negara bagian utara Kaduna. (an/reuters)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar