Rabu, 20 Juni 2012

BOM ASAP


BOM ASAP

Bahan yang diperlukan :

1. Inti
- Potassium nitrat / Kalium nitrat (KNO3 atau sendawa dapur).
-Gula pasir
2. Mantel
- Aluminium foil.
- Baking powder (untuk mendinginkan kalor).
3. Selubung
- Kaleng besi bekas susu kental manis.
4. Sumbu
- Karbit.

Alat :

1. Pakaian laboratorium lengkap dengan masker dan sarung tangan karet.
2. Gunting.
3. Korek api (apa saja).
4. Timbangan elektrik.
5. Sendok makan.
6. Panci ukuran kecil.
7. Lilin.

Cara kerja :
1. Campurkan KNO3 500 gr, dan gula pasir 300 gr pada panci kecil.
2. Masak dengan lilin dan aduk dengan sendok (diaduk terus jangan berhenti, kalau berhenti bisa terbakar) dengan amat hati-hati, hingga berwarna coklat karamel.
3. Lapisi aluminium foil dengan baking powder dengan agak tebal.
4. Gunting alumunium foil membentuk lingkaran dengan diameter 10 cm.
5. Langsung tuang larutan tersebut ke atas aluminium foil dengan cepat sebelum larutan mengental. Lalu bungkus.
6. Tancapkan karbit pada larutan dalam bungkus aluminium foil.
7. Masukkan alumunium foil tadi ke dalam kaleng bekas lalu tunggu sampai beku/mengeras.
8. Bakar karbit.
9. Lalu lempar atau taruh di tempat yang diinginkan. (Muhammad Rasyid Ridhani)

Bom Asap dan cara membuatnya

Cara mudah dan aman pembuatan Bom Asap, Bom Asap banyak sekali di gunakan oleh Militer untuk berbagai macam aksi-aksi Militer yang membutuhkan dukungan perangkat Bom Asap sebagai kamuflase dan pengaburan pandangan lawan. Bom Asap juga di gunakan oleh pihak sipil sebagai mainan anak-anak (dalam kontek yang aman/di buat secara aman), berikut cara-cara aman dan bagaimana pembuatannya:

1. Potassium Sugar bom asap
-Kalium Nitrat (KNO3) = 50%
-Gula = 50%

 

Untuk penggunaannya, pertama lelehkan Kalium Nitrat dan gula bersama-sama (Anda dapat menambahkan sedikit air) pada panas yang rendah. Teruslah mengaduk campuran selama semua proses dan berhati-hati jika mulai terlalu cepat kering. Hentikan pemanasan ketika warna campuran mulai mendapatkan coklat / oranye. Kemudian tuangkan ke penerima yang diinginkan. Tambahkanlah sikring untuk pengapian lebih mudah dan aman.


Untuk berikut adalah macam-macam campuran atau komposisi kimia untuk penggunaan warna yang diinginkan pada Bom Asap yang akan dibuat.


2 . Bom Asap Putih
Potassium nitrate = 18%
Charcoal = 22,5%
Sulfur = 45,5%
Bubuk Kayu = 14%


Cara-cara pembuatannyapun sama seperti pada nomor 1(satu), yang membedakannya hanya penggunaan warna yang ingin dicampurkan.

3. Bom Asap Hijau

Synthetic indigo = 25,5%
Auramine (yellow) = 14.5%
Potassium chlorate = 34.5%
Lactose = 25,5%


4 . Bom Asap Merah

Potassium chlorate = 15%
Para-nitroalinine red = 65%
Lactose = 20%



Berikut juga adalah cara-cara aman di dalam pembuatan Bom Asap:

Langkah-langkah


1. Langkah pertama dalam membuat bom asap Anda adalah untuk mengumpulkan semua perlengkapan Anda. 
a. Tuangkan rasio sekitar 5:03 nitrat kalium dan gula ke dalam panci Anda. 
b. Anda tidak harus persis dengan pengukuran, tapi pastikan bahwa Anda memiliki kalium nitrat lebih. Hal ini membantu membuat bom asap Anda terbakar dengan cepat ketika produk akhir dilakukan.


2. Selanjutnya, kita terapkan beberapa panas suhu rendah ke dalam panci dan aduk campuran dengan spatula. Terus mengaduk Kalium Nitrat Anda dan campuran gula sampai Anda mendapatkan tekstur warna cokelat atau karamel. Terus aduk sampai campuran menjadi cair.

3. Setelah Anda mendapatkan cairan coklat untuk bom asap Anda, tuangkan isinya ke sepotong aluminium foil. Tidak peduli seberapa besar itu, tapi harus cukup. Biarkan campuran Anda dan diamkan selama beberapa menit dan bungkus menjadi sebuah bola yang rapih dan rapat.

Sekarang, Anda telah membuat buatan sendiri bom asap! Sebelum menyalakannya, pastikan untuk pergi ke luar ke lokasi yang terbuka. Bom asap akan terbakar, tergantung pada Anda kalium nitrat terhadap gula. Warna bom asap Anda harus menjadi noda ungu.


- Mungkin Anda ingin membuat bom asap berwarna. Untuk mencapai sebuah bom asap hitam, coba tambahkan dalam campuran gula dan belerang. Menambahkan sedikit serbuk gergaji akan membuat bom asap Anda menjadi berwarna hitam.
- Untuk sebuah bom asap yang berwarna putih akan melibatkan penambahan 4 bagian kalium nitrat, belerang 10 bagian, 5 bagian arang, dan 3 bagian serbuk gergaji.
- Untuk sebuah bom asap yang berwarna merah juga dapat diperoleh dengan campuran sekitar 65 merah% para-nitroanilin, 15% klorat kalium, dan 20% laktosa.
- Dan yang terakhir, Anda bisa mendapatkan bom asap dengan warna hijau dengan menambahkan auramine 15%, 35% kalium klorat, sekitar 25% laktosa, dan indigo sintetis 25%.
 Potasium Nitrat


Charcoal atau Arang hasil pembakaran kayu


 Sulfur atau belerang






 Laktose


Demikianlah cara-cara pembuatan daripada Bom Asap yang aman, warning!!! ini bukan untuk konsumsi anak kecil, hanya untuk Orang Dewasa. Informasi ini bukan cenderung untuk kepentingan-kepentingan yang dapat di salah gunakan, informasi ini semata-mata untuk Pengetahuan Umum bidang Kimia. Terima Kasih (Zadhy Soekandar)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar