Sabtu, 09 Juni 2012

Pemimpin Taliban Pakistan Bantah Klaim Abu Yahya Al-Libi Gugur dalam Serangan AS


Pemimpin Taliban Pakistan Bantah Klaim Abu Yahya Al-Libi Gugur dalam Serangan AS

PAKISTAN (voa-islam.com) -Belum keluarnya pernyataan resmi dari Al-Qaidah mengenai gugurnya Syaikh Abu Yahya Al-Libi, membuat banyak berita simpang-siur beredar mengenai kematian pemimpin senior kelompok tersebut. Namun seorang pemimpin Taliban Pakistan membantah rumor  tersebut.
Seorang pemimpin Taliban Pakistan membantah bahwa pemipin kedua Al-Qaidah Abu Yahya Al-Libi telah gugur telah gugur dalam serangan pesawat tanpa awak AS di Pakistan hari Senin (4/6/2012) lalu.

Kepada The Asscosiated Press, sebagaimana dilansir The Long War Journal, pemimpin Taliban setempat itu mengatakan bahwa pengemudi dan pengawal Al-Libi gugur tetapi pemimpin Al-Qaidah itu selamat.

"Amerika Serikat telah "terpaksa membuat klaim palsu" karena menderita kekalahan di wilayah itu, kata pemimpin Taliban Pakistan yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Sebelumnya beredar kabar yang menyebutkan pemimpin senior Al-Qaidah, Abu Yahya Al-Libi termasuk diantara mereka yang gugur dalam serangan pesawat tanpa awak AS di Mir Ali wilayah kesukuan Waziristan yang menewaskan 15 orang pejuang Islam.

Para pejabat intelijen AS mengatakan kepada The Long War Journal mereka percaya bahwa Abu Yahya Al-Libi, orang kedua Al-Qaidah serta seorang tokoh ulama dan ideolog tingkat tingi, gugur dalam serangan pesawat tak berawak tersebut.

Dua pejabat intelijen AS yang terlibat dalam penargetan dari Al-Qaidah dan pejuang Islam lainnya di Pakistan itu mengatakan bahwa Al-Libi dianggap di antara 15 orang yang gugur dalam serangan kemarin (4/6/2012) di Mir Ali di Waziristan Utara. Para pejabat tersebut tidak akan mengatakan bagaimana mereka menegaskan bahwa Al-Libi telah tewas.
..Al-Qaidah sendiri belum merilis pernyataan resmi mengumumkan syahidnya (Insnyallah) Al-Libi..
Seorang pejabat intelijen Pakistan mengatakan kepada Reuters bahwa unitnya "mennyadap beberapa percakapan antara para pejuang Islam. Mereka membicarakan kematian seorang 'syaikh'," yang dianggap sebagai Al-Libi. Penduduk lokal Pakistan di daerah Mir Ali mengatakan bahwa "pejuang Islam" dengan cepat mengepung daerah tersebut dan melakukan operasi penyelamatan. Beberapa suku setempat mengatakan bahwa Al-Libi terluka dan meninggal di sebuah rumah sakit swasta di daerah tersebut.
Salah satu pejabat intelijen AS memperingatkan bahwa konfirmasi terbaik gugurnya Al-Libi adalah berasal dari pernyataan dari Al-Qaidah.

Al-Qaidah sendiri belum merilis pernyataan resmi mengumumkan syahidnya (Insnyallah) Al-Libi. Bagaimanapun, As-Sahab, sayap propaganda kelompok Al-Qaidah, sering menunda waktu berhari-hari, berpekan-pekan, atau bahkan berbulan sebelum merilis pernyataan gugurnya seorang pemimpin puncak.

Abu Yahya Al-Libi pernah dikabarkan gugur sebelumnya pada Desember 2009. Namun rumor ini terbantakan dengan kemunculan dirinya dibeberapa video propaganda Al-Qaidah setelah itu.

Abu Yahya Al-Libi diketahui beroperasi di Waziristan Utara. Pada musim gugur 2011, ia berada di antara beberapa pemimpin Al- Qaidah yang membantu memfasilitasi penciptaan Syura-e-Murakeba, sebuah aliansi Taliban yang terdiri dari empat kelompok besar Taliban yang beroperasi di wilayah kesukuan Pakistan. Keempat kelompok dalam aliansi ini adalah: Gerakan Taliban di Pakistan, yang dipimpin oleh Hakeemullah Mehsud dan wakilnya, Waliur Rehman Mehsud, kelompok Hafiz Gul Bahadar; kelompok Mullah Nazir; dan Jaringan Haqqani. Pimpinan masing-masing kelompok telah menunjuk seorang deputi untuk mewakili mereka di dewan tersebut. (tlwj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar