Kamis, 20 Desember 2012

Pelaku Penyerangan yang Tewaskan 3 Polisi di Poso Ditangkap ( versi Polisi )

Jakarta - Tiga polisi tewas dan tiga terluka dalam baku tembak di Poso, Sulawesi Tengah. Polisi bergerak cepat. Lebih dari 5 orang ditangkap dan diperiksa.

"Kelompok pelaku berhasil ditangkap dan saat ini dilakukan pengembangan," kata Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto di kantor Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Kamis (20/12/2012).

Kontak tembak terjadi di Desa Tambarana, Poso Pesisir dan sekitar Gunung Kalora, Sulawesi Tengah, sekitar pukul 10.00 Wita, Kamis (20/12/2012). Saat itu, sejumlah polisi tengah berpatroli. Di tengah jalan, mereka diserang kelompok tak dikenal.

"Lebih dari 5 orang ditangkap," jawab Agus ketika ditanya soal jumlah pelaku.

Agus belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut, terutama mengenai identitas pelaku, motif, dan senjata yang digunakan. "Kemungkinan senjata laras panjang, masih berusaha diungkap," jelasnya.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, di Jakarta. Polisi memperkirakan, pelaku penembakan berjumlah 10 hingga 15 orang. Namun, Boy mengaku belum mengetahui identitas satu pelaku yang sudah ditangkap itu.
"Belum dapat identitasnya. Yang jelas dugaan sementara mereka yang terindikasi masuk DPO dan melakukan latihan teror dengan cara berpindah-pindah," kata Boy. Lokasi kontak senjata ini, kata Boy, memang berdekatan dengan tempat latihan kelompok "teroris" yang berhasil dibongkar sebelumnya. "Lokasi ini diidentifikasi sebagai lokasi latihan teror," katanya. Polisi kesulitan memangkap para pelaku penembakan ini. Sebab, mereka kabur ke wilayah hutan. "Ini yang menyulitkan, karena lokasinya bukit dan pegunungan, dataran tinggi. Sekarang sedang kami kejar,"  ungkap Boy.

Ke-3 polisi yang tewas adalah Briptu Wayan, Briptu Ruslam, dan Briptu Narto. Mereka dibawa ke RSUD Poso. Sementara itu, tiga anggota Brimob lainnya dirawat di RS Poso karena terluka. Mereka adalah Briptu Siswadi, Briptu Eko Wijaya, dan Briptu Lungguh Anggara dilarikan ke RS Parigi Poso.  (diolah dari vivanews/detiknews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar