Rabu, 30 Januari 2013

Chomsky : AS negara teroris terkemuka di dunia

WASHINGTON  - Seorang akademisi Amerika, Noam Chomsky mengatakan bahwa Amerika Serikat merupakan negara teroris pertama di dunia jika hukum internasional diterapkan.

"Saya mengambil definisi resmi dari terorisme, yang sangat baik, saya ambil definisi dari hukum AS dan Inggris, jika Anda menerapkannya ternyata Amerika Serikat merupakan negara teroris terkemuka di dunia," ujar Chomsky dalam wawancaranya dengan Press TV pada Selasa (29/1/2013).
Ia menambahkan bahwa ia telah meramalkan perang yang disebut dengan "perang melawan teror" ketika Ronald Reagan menjabat sebagai presiden AS di tahun 80-an.
"Saya telah menulis tentang terorisme sejak 1981, sejak Ronald Reagan menjabat dan mendeklarasikan perang melawan teror akan menjadi pusat kebijakan Amerika," ujar Chomsky.
Dia mempertanyakan legalitas invasi AS ke Irak di tahun 2003, mengatakan : "AS dan Inggris berusaha untuk memberikan semacam penutup hukum yang tipis untuk invasi.  Penutup hukum itu, seperti yang Anda tahu, bahwa Saddam Hussein belum mengakhiri program senjata pemusnah massal."
Pasukan pimpinan AS menyerang Irak pada tahun 2003 dan menggulingkan Saddam Hussein dengan dalih kepemilikan senjata pemusnah massal.  Tapi tidak pernah ada senjata yang dimaksud yang ditemukan di Irak.
Pada puncak operasi, lebih dari 170.000 tentara teroris AS bercokol di Irak dan lebih dari 500 pangkalan militer AS didirikan di negeri kaum Muslim tersebut.  Lebih dari satu juta warga sipil Irak tewas akibat invasi dan pendudukan AS di Irak.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar